4 Tip Superpowerful untuk Menikmati Perjalanan

Posting Komentar
Tip Menikmati Perjalanan

Akhirnya, saya kembali menjalani perjalanan lintas kota lintas provinsi di awal tahun ini. Tidak terlalu jauh sebenarnya, cukup menggunakan moda transportasi darat. Akan tetapi, cukuplah untuk sekadar melepas penat setelah beratus hari bergelut dengan pekerjaan harian.

Sebagai pelancong kapiran, ada beberapa hal yang saya peroleh selama melakukan berbagai perjalanan, baik untuk tujuan wisata maupun dalam rangka dinas. Hal-hal ini, tanpa disadari dapat membuat perjalanan terasa lebih asyik dan bermakna.

Nah, simak 4 tip sederhana superpowerful yang telah saya sarikan dari berbagai perjalanan. Dengan menjalankan 4 tip luar biasa ini, dijamin perjalanan yang akan kamu jalani akan jauh lebih seru, sedap, ceria!


1. Pastikan tempat tujuan perjalananmu benar-benar ada

Tip Menikmati Perjalanan

Sebelum melakukan seluruh aktivitas perjalanan ke mana pun, baik ke kantor, ke sekolah, ke kampus, ataupun tempat wisata, hal paling pertama yang perlu kamu pastikan adalah tempat tujuanmu bersifat nyata.

Jika kamu mau ke kantor, pastikan kantor yang akan kamu datangi benar-benar ada. Andai kamu berangkat ke sekolah, yakini bahwa sekolah yang kamu akan tuju benar-benar terindra. Sebab, jika tidak, hiii ...

Bayangkan saja sendiri!


2. Nikmati perjalanan. Jangan terlalu asyik menggunakan gadget sepanjang perjalanan

Tip Menikmati Perjalanan

Dalam perjalanan menuju mana pun, upayakan kamu tidak terpaku dengan benda-benda elektronik berteknologi mutakhir dan kekinian, yang biasa disebut gadget. Ponsel, tablet, laptop, apa pun-lah.

Jika perjalananmu terbilang jauh, maka nikmati pemandangan yang tersaji. Manakala kamu menggunakan moda transportasi darat seperti bus, kereta, ataupun mobil, tengoklah keluar jendela. Saksikan indahnya gunung, hijaunya sawah, serta damainya sungai di sepanjang jalan yang kamu lintasi.

Jika kamu naik pesawat, nikmati kelembutan awan yang terbelah oleh pesawat yang kamu tumpangi. Kalau kamu naik kapal laut, pandangi lautnya, tetapi jangan terjun ke sana!

Satu hal yang perlu kamu pegang erat layaknya balon yang tinggal empat adalah, jangan operasikan gadget, khususnya laptop, manakala kamulah yang berada di balik kemudi. Bukan apa-apa, jalanan, langit, ataupun laut bukan wahana sirkus.

Saya pribadi tidak berharap suatu hari melihat pengendara yang nyetir motor berkecepatan tinggi sembari asyik mengoperasikan laptop, melakukan serangkaian coding, hingga meretas ratusan juta data kependudukan milik pemerintah Indonesia.


3. Siapkan catatan kecil

Tip Menikmati Perjalanan

Perjalanan selalu memberikan pengalaman. Bahkan untuk perjalanan yang telah teramat sering kamu lakukan.

Dalam tiap perjalanan, hendaknya kamu mampu mengambil berjuta pelajaran yang terkandung di dalamnya. Jadikan tiap pelajaran yang hadir sebagai hikmah untuk membuatmu lebih dewasa.

Catat setiap hikmah yang kamu temui dalam buku catatan kecil di saku atau tas pinggangmu yang sesak terisi camilan itu. Jika merasa buku catatan terkesan jadul, gunakan saja fitur notes atau perekam suara dari ponselmu yang katanya pintar itu.


4. Lakukan perjalanan panjangmu itu dalam keadaan bernapas

Tip Menikmati Perjalanan

Pamungkas dari seluruh tip yang saya beri, adalah ini. Seseru apa pun perjalanan wisata yang kamu lakukan, semua akan sia-sia jika kamu tidak bernapas.

Maka, mulai sekarang, canangkan dalam diri. Jangan malas!

Jangan malas ataupun bosan melakukannya. Untuk melatih dan membiasakan diri, bernapaslah secara teratur setiap saat, setiap detik, setiap waktu.

***

Demikian 4 tip sederhana superpowerful yang akan membantumu menikmati perjalanan apa pun.

Terapkan keempatnya, lalu nikmati sensasi berbeda dalam tiap perjalanan yang kamu lakukan.

Jirfani
Selamat datang di blog jirfani.com Sebuah blog yang berisi beragam ulasan seputar film, buku, perjalanan, serta perenungan seorang Jamal Irfani.

Related Posts

Posting Komentar