5 Manfaat Penggunaan Google Analytics pada Blog

Posting Komentar
Sebagai media yang berfungsi menyampaikan berbagai hal sesuai niche, sebuah blog perlu dipersenjatai tools yang akan membantu pemiliknya melakukan berbagai analisis. Analisis-analisis ini kelak dapat dipergunakan untuk meningkatkan performa dari website ataupun blog dimaksud.
5 Manfaat Google Analytics

Pada era digital seperti sekarang, menjadi sebuah kemestian bagi para pelaku industri kreatif khususnya di dunia maya, untuk menyajikan berbagai konten bermanfaat dan bernilai. Segala macam jenis konten ini, perlu juga menjawab serta menjadi solusi akan permasalahan yang dihadapi audiens.

Sebut saja media sosial semacam Instagram atau Facebook. Followers melimpah dan endorsement menggunung, biasanya diperoleh oleh mereka yang rajin mengisi media sosialnya dengan banyak konten disukai. Baik itu konten edukasi seperti how to atau tutorial, maupun konten-konten lucu yang sarat dengan meme.

Demikian pula dengan blog. Tidak jarang sebuah blog begitu ramai dikunjungi audiens lantaran apa yang dicari oleh pembaca, tersedia dengan lengkap di sana. Isi blog yang padu dengan kebutuhan pasar, ditambah lagi pembahasaan yang nyaman di baca, akan semakin memperkuat arus pengunjung yang berdatangan.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara pemilik blog mengetahui apakah konten atau tulisan yang terpampang dalam blog mereka adalah konten yang disukai? Bagaimana cara pemilik blog dapat menilai telah sebaik apa mereka menyajikan konten yang diminati? Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, bagaimana cara para pemilik blog mengetahui berapa banyak orang yang datang mengunjungi blog-nya?

Baca juga: Perjalanan Menuju Top Level Domain

Atas hal itulah Google Analytics hadir. Dalam bahasa yang teramat ringkas, Google Analytics dapat didefinisikan sebagai alat bantu yang disediakan oleh Google kepada penggunanya, untuk menilai seberapa besar dan seperti apa traffic pengunjung yang berkunjung ke sebuah blog atau website.

Saya sendiri adalah pendatang baru di dunia per-Google Analytics-an. Saya baru belajar pasang dan terhitung masih pemula. Akan tetapi, sebagai pengguna baru Google Analytics, sejauh ini saya telah memperoleh beberapa manfaat Google Analytics yang membuat tercengang.

Mau tau apa saja manfaat Google Analytics yang saya peroleh sebagai newbie?
Yuk, simak 5 manfaat Google Analytics yang dapat diperoleh setelah menerapkan pada blog milik Sobat!

1. Google Analytics Menyajikan Data Secara Realtime

Kepengin tahu berapa banyak user atau pembaca yang sedang bertandang ke blog Sobat? Ingin tahu page atau postingan mana saja yang para pembaca itu baca dan kunjungi dalam 30 menit terakhir?

Santai. Sebagai manfaat Google Analytics #1, Sobat dapat mengetahui jawaban segala pertanyaan itu secara realtime.

5 Manfaat Google Analytics
Data Realtime Google Analytics

Sebagai contoh, pada dashboard Google Analytics yang saya miliki di atas.

Ditinjau dari dashboard yang ada, pada saat tulisan ini dibuat, pengunjung blog www.jirfani.com yang sedang mengakses tidak ada sama sekali.

Hiks, sedih.

Tidak mengapa. Secara realtime, menurut pengukuran Google Analytics, pengunjung blog saya bisa jadi masih 0. Namun, siapa tahu, seiring berjalannya blog ini, setiap detik blog ini akan ramai dikunjungi. Bukan hanya oleh sesama warga yang berdomisili di Indonesia, melainkan juga di luar Indonesia.

Sehingga, siapa tahu di kemudian hari, manakala saya mengakses Google Analytics—kapan pun, jam berapa pun, dan di mana pun—akan senantiasa ada pengunjung yang sedang membaca blog saya secara realtime.

2. Google Analytics Menampilkan Statistik Jumlah Kunjungan

Bukan data keren namanya jika tidak mampu menampilkan diagram atau tampilan data statistik. Dan, saya yakin untuk sebuah mesin pencarian sebesar Google, hal itu merupakan suatu kemustahilan.

Manfaat Google Analytics kedua yang dapat Sobat peroleh adalah mengetahui fluktuasi kunjungan.

5 Manfaat Google Analytics
Data Statistik Pengunjung Blog

Bisa dilihat, pada fluktuasi yang tampak di dashboard Google Analytics blog saya, terlihat begitu datar seperti isi dompet sebelum fee dibayar klien—ups,curhat.

Mengapa demikian?
Sederhana saja. Sebab, sebelum 31 Agustus 2023, Google Analytics untuk blog ini belum dipasang. Dengan demikian, Google pun tidak melakukan penghitungan dengan akurat berapa banyak pengunjung yang main ke blog ini, mana page atau postingan yang paling ramai dikunjungi, dan lain sebagainya.

Namun, jika Sobat perhatikan, selepas 31 Agustus, alias 1 September dan seterusnya, terjadi grafik naik. Grafik naik ini tentulah seiring dengan peningkatan jumlah pengunjung blog.

Sobat dapat bayangkan, manakala Google Analytics telah terpasang dalam blog maupun website, Sobat akan dapat melihat pergerakan atau fluktuasi kunjungan blog. Dari sana, Sobat dapat melakukan evaluasi, mengapa pada waktu-waktu atau tanggal-tanggal tertentu jumlah pengunjung blog turun? Mengapa pada waktu yang lain, justru terjadi peningkatan pengunjung atau pembaca?

Berbekal hal itu, Sobat dapat melakukan analisis dan membuat kesimpulan.

Sebagai contoh:
"Oh, sepertinya pengunjung terbilang sepi pada hari X atau pada tanggal Y. Mengapa? Ternyata pada hari X dan tanggal Y, itu hari libur. Orang banyak berlibur dan tidak sempat main ke blog."

atau mungkin:
"Pengunjung blog saya, paling banyak pada jam Z. Ah, berarti kalau posting tulisan pada jam Z, bisa semakin menarik pembaca, nih."

Analisis yang saya tuliskan di atas hanya contoh, ya. Namun, berbekal fluktuasi grafik pengunjung, tentu Sobat dapat mengoptimalkan manfaat Google Analytics untuk semakin meningkatkan performa blog, 'kan?

3. Google Analytics Memperlihatkan Engagement Rate

Selanjutnya, manfaat Google Analytics ketiga adalah tools ini membantu Sobat untuk mengukur engagement rate blog. Jika, engagement pada Instagram akan meningkat seiring banyaknya user yang melakukan save, share, like, dan comment postingan kita, maka perlu diperhitungkan juga hal-hal yang akan meningkatkan engagement rate blog.

5 Manfaat Google Analytics
Data Engagement Rate dan Kanal Referensi

Dalam dashboard Google Analytics blog saya, misalnya. Ada beberapa hal yang dapat Sobat perhatikan:
  1. Pengunjung blog saya per 2 September 2023 sebanyak 13 orang.
  2. Dari ke-13 pengunjung itu, sebanyak 12 pengunjung secara langsung alias direct melakukan klik atau tik alamat blog saya, dan satu orang lainnya melalui perantara media lain.
  3. Rata-rata waktu baca dari kunjungan-kunjungan itu berkisar 1—3 menit, di mana pengunjung yang melalui referal media lain membaca dengan durasi sekitar 3 menitan atas blog saya.
Dari ketiga hal yang saya sebutkan di atas saja, manfaat Google Analytics sudah dapat terbaca.

1. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan.
Bisa dengan menyebarkan alamat blog kita, mengirimkan link postingan kita di blog, menampilkannya melalui media sosial, memajangnya di status WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Kok bisa kesimpulan itu diambil?

Ya, bisa, dong. Karena faktanya ternyata ada para pengunjung blog saya yang datang melalui referal. Memang, sih, saya akui postingan saya perihal "Review Lengkap One Piece Live Action" sempat saya pajang di sebuah grup WhatsApp dan status WhatsApp. Nah, siapa tahu satu orang pengunjung referal itu berasal dari sana.

Sederhananya, semakin banyak kanal informasi yang digunakan untuk memublikasikan blog atau link postingan blog kita, maka peluang untuk pengunjung berdatangan akan semakin banyak juga.


2. Dengan durasi baca berkisar 1—3 menit, artinya saya harus semakin memadatkan isi tulisan dan memperbaiki bahasa yang digunakan.
Sebab, sepengetahuan saya, sebuah blog memiliki apa yang disebut bouncing time.

Jika sebuah blog hanya dibuka dan dibaca kurang dari 3 menit, bisa dibilang tulisan di blog itu kurang cakep. Entah mungkin karena bahasanya bertele-tele dan tidak dapat dipahami, gambar yang tidak relevan, pembahasan yang kelewat panjang, ataupun hal lain yang membuat pembaca malas melanjutkan membaca dan memilih menutup postingan kita.

Dengan penjelasan jumlah waktu pengunjung dalam membaca tulisan di blog, kita jadi dapat introspeksi dan menjadikannya bahan perbaikan untuk postingan-postingan selanjutnya.

4. Google Analytics Memperlihatkan Postingan Sering Paling Dikunjungi

Manfaat Google Analytics ke-4, tentu saja akan memberi insight kepada kita selaku pemilik blog, postingan-postingan mana dari blog kita yang paling ramai dikunjungi.

Lagi-lagi sebagai contoh, saya sajikan dashboard Google Analytics blog yang memperlihatkan hal itu.

5 Manfaat Google Analytics
Data Postingan Paling Banyak Dikunjungi

Jika diperhatikan, postingan yang paling banyak dikunjungi pada blog saya adalah "Review Lengkap One Piece Live Action" yang saya posting pada 2 September 2023. Kemudian, di posisi selanjutnya adalah page yang menjelaskan siapa saya.

Berbekal pemahaman ini, sudah seyogianya Google Analytics dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk mengevaluasi isi konten.

"Mengapa postingan A bisa ramai dikunjungi, sementara postingan B terbilang sepi?"

Kita bisa membaca ulang postingan, mengaitkannya dengan behavior masyarakat, maupun hal lain.

Misalnya saja, "Oh, postingan perihal One Piece live action ramai dikunjungi mengingat saat ini sedang terjadi demam One Piece live action lantaran Netflix baru saja merilis."

Kendati demikian, di luar urusan behavior masyarakat, saya prefer menggunakan data dari Google Analytics yang memperlihatkan page atau postingan paling dikunjungi ini sebagai salah satu media introspeksi.

5. Google Analytics Memperlihatkan Cakupan Daerah Pembaca Blog

Manfaat Google Analytics kelima yang akan saya sampaikan adalah tools ini memungkinkan Sobat melihat daerah asal atau lokasi pembaca blog Sobat berada. Lagi-lagi saya beri contoh menggunakan dashboard Google Analytics dari blog saya.

5 Manfaat Google Analytics
Data Sebaran User Pembaca Blog

Dari dashboard di atas, kita dapat melihat daerah asal atau domisili pembaca blog kita. Dari data ini, terlihat bahwa pembaca blog saya 100% berasal dari Indonesia, di mana Depok, Jakarta, dan Kuta menempati posisi tiga teratas.

Sobat dapat bayangkan, seumpama blog ini semakin banyak dibaca dan cakupannya pun kian meluas, maka data yang dapat ditangkap pun akan semakin lebar. Dari sana, bukan tidak mungkin kita akan dapat membuat sebuah postingan atau konten yang menyesuaikan daerah asal audiens blog kita.

Andai pembaca blog saya paling banyak berasal dari Medan, misalnya. Maka, bisa jadi penggunaan bahasa Medan atau Sumatera Utara akan menjadi hal yang bisa saya sampaikan.

Contoh lain dari manfaat Google Analytics untuk bagian ini. Jika pembaca saya banyak berasal dari Jawa Tengah, Bali, atau daerah lainnya, bukan tidak mungkin pula akan ada postingan blog yang mengupas seputar daerah wisata, kebudayaan, atau hal-hal yang tengah hype di daerah tersebut.

***

Dari ke-5 hal yang saya sampaikan di atas, terlihat sekali bahwa manfaat Google Analytics sangat nyata untuk diperoleh. Data yang disajikan pun bukan data kaleng-kaleng. Singkatnya, Google telah menyediakan, tinggal imajinasi kita untuk mengolah dan memanfaatkan data Google Analytics itu menjadi seperti apa.

Nah, dari sekian banyak manfaat Google Analytics untuk blog yang saya sampaikan, apa alasan untuk tidak menerapkannya pada blog atau website milik Sobat?

Yuk, pasang!
Jirfani
Selamat datang di blog jirfani.com Sebuah blog yang berisi beragam ulasan seputar film, buku, perjalanan, serta perenungan seorang Jamal Irfani.

Related Posts

Posting Komentar