Pentingnya Memasang Tema Blog SEO Friendly

Posting Komentar
Seorang pemilik rumah atau kantor, sangat wajar melakukan penataan. Mulai dari desain bangunan yang elegan, pemilihan warna cat yang sedap dipandang, hingga pemilihan perabot yang dapat menunjang kegiatan selama beraktivitas. Seluruh hal itu akan bermuara pada satu hal: kenyamanan rumah atau kantor yang dihuni.

Demikian pula dalam membangun blog. Layaknya rumah atau kantor, sebuah blog pun perlu ditata sedemikian rupa. Mulai dari pemilihan warna tema yang menunjang, jenis dan ukuran huruf yang mudah dibaca, hingga pengaturan layout, maupun tema blog yang memudahkan pembaca mengakses segala informasi yang dibutuhkan.

Ada banyak alasan sebenarnya mengapa hal-hal itu perlu dilakukan. Berikut beberapa alasan layout dan tema blog wajib diperhatikan:

1. Menciptakan rasa nyaman blogger
Rasa nyaman saat nge-blog tentu saja penting. Hal ini akan memotivasi diri agar senantiasa merawat blog dan tetap mengisinya dengan berbagai konten menarik. Sebab, kita sebagai pemilik blog alias blogger sadar, blog yang kita miliki itu memang sekece itu.

2. Mencirikan pribadi dan keunikan blogger
Dengan begitu mudahnya akses dunia digital dewasa ini, sudah tentu blog, website, ataupun layanan digital lain tumbuh semakin pesat. Blog satu dengan blog lainnya pun tidak jarang menampilkan berita atau pembahasan yang nyaris mirip.

Dengan memberikan penataan yang khas, maka dapat dipastikan blog yang kita bangun akan senantiasa mencirikan pribadi unik kita, baik dari sisi konten, tema, hingga tata letaknya.

3. Menarik perhatian dan membuat betah pembaca
Sebuah rumah atau kantor yang nyaman, sejuk, dan asri tentu akan memberikan rasa tenang dan senang bagi setiap pengunjung yang datang. Belum lagi jika rumah atau kantor yang dikunjungi itu dapat memfasilitasi kebutuhan dari si pengunjung. Demikian pula dengan blog.

Sebuah blog yang memiliki penataan rapi, baik dari sisi tata letak, tema, hingga pemilihan jenis huruf dan ukuran-ukurannya, akan memungkinkan pembaca untuk tetap berlama-lama berada di dalamnya. Apalagi jika kebutuhan akan informasi yang mereka cari, ternyata difasilitasi dalam blog yang kita miliki.

Mereka bisa jadi akan betah mengulik serta melakukan kupas tuntas berbagai page dan setiap artikel yang tertulis dalam blog kita. Dari sana, traffic kunjungan blog pun meningkat. Dengan demikian, kredibilitas blog pun akan meroket.

Jangan lupakan juga bahwa blog dapat berfungsi sebagai kartu nama. Sekiranya klien mampir berkunjung dan melihat betapa nyaman dan mudahnya mengakses berbagai informasi dalam blog, tentu peluang-peluang terjalinnya kerja sama akan semakin besar.

4. Menarik perhatian Google
Ternyata, pentingnya penataan blog bukan hanya untuk menarik minat klien, loh. Google sebagai penyedia layanan mesin pencari terbesar di dunia saat ini dengan Google Search-nya, bisa jadi akan turut melirik blog yang kita bangun manakala tampilannya memang menarik dan bermanfaat.

Hasilnya pun sudah bisa ditebak. Baik blog maupun konten-konten yang dimuat dalam blog kita akan masuk ke dalam radar Google dan muncul dalam mesin pencarian, ketika ada user di belahan bumi manapun mengetik keyword yang sesuai dengan konten milik kita.

memasang tema blog SEO friendly

Pertanyaannya sekarang, bagaimana, dong, cara membuat tampilan blog yang rapi dan disukai klien, juga Google? Atau dalam bahasa yang lebih kece, bagaimana, sih, layout dan tema blog SEO friendly itu?

Bermodal dari apa yang disampaikan Kakak Guru di dunia per-blog-an, Kak Nimas Achsani, beliau menyampaikan ada 4 prinsip dasar yang harus dipenuhi sebuah blog dengan tampilan dan tema blog SEO friendly. Yuk, simak bareng!


1. Sequence

Sequence ini berarti urutan atau aliran informasi yang disampaikan pada blog. Umumnya, aliran atau urutan perhatian pembaca blog atau website, berasal dari sebelah kiri.

Oleh karena itu, menjadi penting agar bagian sebelah kiri blog kita memuat informasi-informasi atau artikel utama. Sebab, fokus pembaca ketika membuka blog adalah bagian sebelah kiri.

Makanya, sering dijumpai artikel utama blog ditempatkan di sebelah kiri, sementara informasi tentang identitas blogger berada pada bagian sebelah kanan.

Nah, dari sekarang Sobat bisa mulai mengatur layout dan tema yang tepat, ya!


2. Emphasis

Emphasis bermakna pemberian penekanan pada bagian penting dari tampilan sebuah blog.

Wajar sekali jika sebuah artikel utama atau postingan penting dimuat dalam porsi dan ukuran yang cukup besar.

Ketika sebuah artikel utama justru dimuat dengan ukuran lebih kecil dibanding bagian lain, kita justru seakan-akan tidak memberi penekanan atau pemberitahuan bahwa artikel utama itulah yang semestinya paling dibaca atau ditengok.


3. Balance

Balance pada prinsip ini bicara mengenai pengaturan layout dan tema blog. Apakah blog dibangun dengan simetris atau tidak.

Blog yang rapi, tentu akan memperhatikan layouting yang tepat. Berapa besar ukuran dari tiap-tiap bagian dan proporsinya masing-masing.

Dari sini pula, penting untuk membahas mengenai penetapan warna yang mendominasi blog, hingga gambar-gambar yang ditampilkan.


4. Unity

Bicara blog, tentu tidak hanya bicara halaman beranda atau home saja. Tidak pula hanya bicara tentang arsip saja.

Ya kali, ketika kita membahas sebuah rumah, kita hanya kasih perhatian pada kamar tidur, lalu mengesampingkan kamar mandi.

Oleh karena itu, penting sekali memberi perhatian atau layout keseluruhan blog, termasuk seluruh bagian yang tercakup di dalamnya.

Misalnya, apakah konten dapat dibagikan ke media sosial, apakah kategorisasi blog sudah cukup jelas dan terbaca, dan lain-lain.

Berbekal hal itu, saya pun melakukan penataan ulang atas blog ini. Memanfaatkan template theme/tema yang disediakan oleh igniel.com, saya mulai melakukan pembenahan. Berikut 5 langkah yang saya lakukan demi membangun layout dan tema blog SEO friendly.

1. Menggunakan tema Fiksioner dari Igniel

Mula-mula, saya mengakses template tema yang disediakan Igniel—dalam hal ini tema Fiksioner.

Mengapa kok tema ini yang saya pilih? Sederhana saja. Sebab tema Fiksioner memiliki banyak kelebihan, di antaranya tema blog SEO friendly dan mobile friendly.

Untuk kelebihan lain dan bagaimana cara men-download-nya, Sobat bisa langsung mengakses di sini.

memasang tema blog SEO friendly
Tampilan tema Fiksioner pada www.igniel.com 

2. Memastikan Google Analytics dan Google Search Console yang telah terpasang

Sebelum mengubah tema blog SEO friendly menggunakan tema Fiksioner dari Igniel, saya telah memasang Google Analytics 4 di blog ini. Peletakkannya pada bagian head dan body dalam custom html tema, membuat saya harus memastikan blog dengan tema baru ini tetap terkoneksi dengan dua tools dari Google yang amat membantu itu.

Oleh karena itu, hal yang selanjutnya dilakukan setelah tema Fiksioner terpasang, saya kembali menempatkan kode-kode html Google Analytics yang telah di-parsing ke dalam menu kustomisasi tema.

memasang tema blog SEO friendly
peletakkan kode html untuk pemasangan/tagging Google Analytics

3. Mengatur peletakkan informasi identitas blogger

Awalnya, peletakkan identitas saya sebagai blogger dan pemilik blog www.jirfani.com ini di sebelah kiri. Namun, usai mendapat pencerahan dari Kakak Guru Nimas Achsani, saya pun insaf.

Informasi blogger yang semula di sebelah kiri, kini saya tempatkan di kanan. Adapun bagian kiri blog, sekarang berfokus pada artikel-artikel utama atau yang terbaru.

memasang tema blog SEO friendly
Sebelum menggunakan tema Fiksioner: profil blogger di kiri

memasang tema blog SEO friendly
setelah menggunakan tema Fiksioner: profil blogger di kanan

4. Koneksi blog dengan media sosial

Di era digital seperti sekarang, memiliki media sosial kendati hanya satu, agaknya menjadi sebuah kemestian. Bukan sekadar punya, melainkan juga terhubung dengan banyak hal yang kita miliki.

Berangkat dari sana, saya pun merasa perlu untuk mengkoneksikan blog ini dengan beberapa akun media sosial yang saya miliki.

Alasannya jelas, manakala klien atau pembaca ingin melihat siapa saya, bagaimana branding yang saya miliki, dan seperti apa keseharian saya ditinjau dari media sosial, mereka juga dapat mengaksesnya.

Jadilah blog ini terkoneksi dengan Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan juga Pinterest saya.

Tidak percaya? Coba klik logo masing-masing media sosial di bagian paling bawah blog!


5. Mengisi gambar-gambar yang bolong

Sebagai blog yang saya buat sejak masih muda (2009) dan belum paham apa itu dunia blog, sudah barang tentu isi blog ini awalnya hanya seputar curhat dan asal-asal semata.

Tidak jarang konten atau postingan dibuat tanpa dilengkapi gambar yang proper dan menunjang.

Berhubung sudah memiliki layout dan tema blog SEO friendly dan rada cakep, saya pikir sayang sekali jika tidak sekalian dilengkapi. Oleh karena itu, saya mulai melengkapi konten-konten yang telah dibuat pada waktu-waktu terdahulu dengan gambar penunjang.

Sehingga, tidak lagi ditemukan setiap bagian dari konten blog ini yang tidak memiliki gambar. Alhamdulillah.

memasang tema blog SEO friendly
Konten-konten lama (2016) sudah dilengkapi gambar semua

Demikian sharing seputar perjalanan mengubah layout dan tampilan tema blog SEO friendly. Kalau tema blog Sobat saat ini bagaimana? Menggunakan tema apa?

Ceritakan, dong, di kolom komentar!
Jirfani
Selamat datang di blog jirfani.com Sebuah blog yang berisi beragam ulasan seputar film, buku, perjalanan, serta perenungan seorang Jamal Irfani.

Related Posts

Posting Komentar