Rekomendasi 5 Film Zombi dengan Plot Luar Biasa

Posting Komentar
Apa yang terpikir dalam benak ketika mendengar kata “zombi”?

Mayat hidup? Tentu saja.
Pemakan manusia? Sudah pasti.
Penularan lewat gigitan? Bisa jadi.

Ya, setidaknya tiga hal itu yang kerap dibahas ketika sebuah cerita bertema zombi diketengahkan. Seputar wabah yang menjangkiti suatu daerah, kota, negara, bahkan dunia di mana penyebaran atau penularannya sangat masif dan cepat.

Cerita yang diangkat pun tidak jauh dari kejar-kejaran antara para zombi dengan manusia yang belum terinfeksi, berusaha bertahan hidup, yang tentu saja dijejali dengan berbagai gambar seram nan berdarah-darah. Sepanjang cerita, penonton ataupun pembaca dipaksa menarik napas dalam demi mencerna kengerian demi kengerian yang tersaji. Bahkan, tidak jarang jump scare-jump scare seputar kemunculan zombi yang tiba-tiba, juga tersaji dalam film dengan genre ini.

Akan tetapi, ternyata ada setidaknya 5 film bertema zombi yang tidak hanya mengekploitasi kengerian dan gigit-gigitan. Kendati bagian itu dapat dipastikan ada, tetapi secara plot, kelima film ini mengangkat sesuatu yang segar dan baru.
film zombi dengan plot luar biasa
Kepengin tahu 5 film zombi dengan plot cerita yang luar biasa? Check this out!

1. World War Z (2013)

rekomendasi film zombi dengan plot luar biasa
Ketika Gerry Lane, seorang mantan penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menerima kabar tentang persebaran wabah rabies yang tidak biasa terjadi di berbagai daerah di dunia, situasi sungguh tidak terkendali. Lane sekuat tenaga mengungsikan keluarganya ke tempat aman agar terhindar dari peluang tertular dan menjadi aneh sebagaimana yang dialami mereka yang terkena.

Para korban yang tertular, memperoleh infeksi dari gigitan. Setelahnya, mereka berubah menjadi makhluk tak berakal yang ingin menggigit dan memakan makhluk lain yang belum tertular.

Lane pun berkejaran dengan waktu untuk mencari cara agar wabah luar biasa yang hanya membutuhkan waktu 12 detik hingga korban tertular dan berubah menjadi zombi.

World War Z membawa cerita zombi ke level yang lebih tinggi. Brad Pitt dengan gemilang berhasil memainkan peran sebagai Lane dan mampu mengangkat kisah zombi menjadi jauh lebih menegangkan sekaligus mengharukan, tanpa perlu banyak mengeksploitasi unsur gigit-gigitan.

2. Train to Bussan (2016)

rekomendasi film zombi dengan plot luar biasa
Apa yang terjadi jika seorang eksekutif yang hanya peduli dengan kepentingan diri dan keluarganya, dipaksa menumbuhkan empati? Film ini berhasil mengangkatnya.

Train to Bussan berkisah tentang Seok-Woo, seorang manajer di perusahaan keuangan yang serba sibuk dan hanya fokus pada pekerjaannya. Suatu hari, Seok-Woo mengantar sang putri, Su-An ke Bussan sebagai wujud hadiah ulang tahun kepada sang ibu.

Malangnya, dalam perjalanan menuju Bussan, wabah yang berasal dari seorang wanita dengan kaki terluka, menyerang para penumpang di kereta. Perlahan tapi pasti, kereta sempit dengan banyak gerbong ini, mulai disesaki zombi pengincar manusia.

Train to Bussan bukan hanya berkisah tentang zombi haus darah yang mengincar manusia. Sejatinya, film ini justru membawa penonton pada upaya menghadirkan kembali nilai-nilai kemanusiaan mendasar yang semestinya dimiliki setiap manusia. Empati, ramah, dan rela berkorban, menjadi tema sentral dari film keren ini.

Jangan lupakan juga tentang isu pengasuhan dan cara mendidik anak. Train to Bussan sudah pasti sangat saya rekomendasikan untuk Sobat tonton.

3. Zom 100: Bucket List of Dead (2023)

rekomendasi film zombi dengan plot luar biasa
Jika semua orang ketakutan ketika wabah zombi menyerang, Akira Tendo, seorang pemuda 24 tahun ini justru berbeda. Alih-alih ketakutan, Tendo justru girang luar biasa atas kehadiran para zombi di negaranya. Sebab hal ini berarti memungkinkan dirinya untuk tidak bekerja di kantor.

Iya, Sobat tidak salah baca. Ketika semua orang risau dengan serangan dan peluang mati dimakan zombi, Tendo justru mengkhawatirkan urusan masuk kantor.

Film ini sangat saya rekomendasikan, khususnya bagi Sobat yang hendak meraih dan memperjuangkan mimpi besar dalam hidup, ataupun sekadar mencari film zombi yang sarat dengan adegan komedi.

4. All of Us are Dead (2022)

Untuk kali ini, saya akan membawa Sobat mengintip sebuah drama Korea dengan setting lokasi di sekolah.

All of Us are Dead bercerita tentang kehadiran zombi yang berasal dari hasil eksperimen seorang guru sains yang memiliki anak yang kerap dirundung teman sekolahnya. Perundungan itu menyebabkan sang guru muak dan murka, serta hendak menjadikan putranya memiliki kekuatan dahsyat.

Film ini tidak hanya memperlihatkan kengerian demi kengerian ketika zombi-zombi di sekolah menyerang dan mulai menggigiti satu demi satu warga sekolah, melainkan juga mempertontonkan kisah dengan kualitas plot yang menarik.

Berbagai nilai dan isu sensitif pun diangkat melalui serial ini. Sebut saja bullying, percintaan, kesewenang-wenangan, hingga keindahan hubungan orang tua dan anak.

5. Warm Bodies (2013)

rekomendasi film zombi dengan plot luar biasa
Bosan dengan plot standar berupa zombi mengejar manusia dan hendak memakannya? Warm Bodies punya jawabannya.

Berbeda dengan kebanyak plot seputar cerita zombi, Warm Bodies justru mengambil sudut pandang kehidupan dunia setelah delapan tahun zombi apokalips terjadi. Manusia dan zombi telah hidup berdampingan, kendati upaya memakan otak manusia masih menjadi cita-cita kebanyakan zombi yang ada.

Jika Sobat hendak mencari film zombi dengan bumbu romansa yang kental, agaknya Warm Bodies cocok untuk dipilih sebagai film yang akan menemani waktu istirahat ataupun berlibur Sobat.
***
Demikian 5 rekomendasi film zombi dengan plot cerita yang seru dan tidak pasaran. Kalau Sobat, sudah menonton film yang mana? Tulis di kolom komentar, ya!
Jirfani
Selamat datang di blog jirfani.com Sebuah blog yang berisi beragam ulasan seputar film, buku, perjalanan, serta perenungan seorang Jamal Irfani.

Related Posts

Posting Komentar